Selasa, 13 September 2011

Finally...COASS !!! ;)


Bismillahirrohmaanirrohiim

Wah, lama juga ga nulis, he..he..Padahal ide dan pengalaman hidup yang aku temukan udah berseliweran aja di kepala, tapi mood dan semangat menulisnya kadang yang susah memunculkannya. Emang ini kelemahannya orang yang moody-an kaya aku. Ketika semangat sedang naik bener-bener bisa berjam-jam tahan nulis. Tapi pas mood lagi drop, hmmm..satu huruf aja nulisnya malesnya minta ampun..

Oke deh, cukup keluh kesahnya. Lewat tulisan ini aku juga nggak mau mengeluh banyak-banyak soal semangatku yang masih fluktuatif. Aku pengen cerita tentang pengalamanku selama hampir enam bulan menjalani kepaniteraan klinik di rumah sakit negeri di Solo.

Well, selama hampir 6 bulan jadi coass di RS aku ngerasa banyaaak banget pelajaran hidup yang bisa diambil. Ternyata emang bener, bahwa dunia nyata di luar sana emang beda dengan apa yang tertulis di textbook, di kuliah, di cakul, dan di buku. Dunia nyata itu lebih susah terprediksi, unik, penuh tantangan, dan yang jelas setiap dinamikanya banyak hikmah dan pelajaran.

Selepas wisuda sarjana kedokteran kemarin, euphoria menyandang gelar S.Ked nggak bisa aku nikmati lama-lama. Soalnya aku langsung masuk stase paling horor (katanya) dan cukup lama masa belajarnya. Namanya juga stase besar. Jadilah, aku masuk stase bedah bareng temen-temen 2007 yang satu kelompok dengan aku. 


Untuk penentuan urutan stase angkatanku ini untungnya beda sama pas zaman kakak tingkatku sebelum-sebelumnya. Kalau pas di angkatanku kemarin, penentuannya berdasar kumulatif nilai IP dan nilai ujian komprehensif. Alhamdulillahnya, aku termasuk urutan yang awal-awal. Tapi ya itu, langsung masuk stase besar. SURGERY.

Di bedah ini aku sama temen-temen harus menempuhnya selama 8 minggu. Itu udah diregresi dari sistem lama yang dulunya 10 minggu. Well, 8 minggu itu bukan waktu yang sebentar lho, kadang hari demi sehari dirasakan sangat lama dan berjalan lambat. Tapi, ternyata pas akhir-akhir ngerasa juga kalau waktu berjalan cepat. Tau-tau udah mau selesai aja. He..he..Oh iya, buat kisahku di stase bedah secara lengkap bakal aku critain di tulisan selanjutnya yaa..Maklum, harus eksklusif ceritanya..He..he..

Masuk ke stase kedua, lagi-lagi aku masuk stase besar. Welcome to INTERNA :)
Stase interna waktunya juga sama kaya bedah, 8 minggu. Bedanya lebih ke mekanisme kerjanya. Kalau bedah cenderung banyak pakai otot (buat berdiri di OK selama berjam-jam), kalau di interna menang di otaknya (soalnya harus mikir semua problem pasien, tau sendiri kan penyakit dalam itu penyakitnya seabrek banyaknya, belum pemeriksaan penunjangnya, belum terapinya), tapi senengnya di interna kita jadi tahu cara diagnosis penyakit dan kelebihan serta kekurangan dari pemberian suatu obat. Misalnya, obat A ini indikasi untuk ini tapi dia kontraindikasi untuk ini, terus bisa menurun efeknya jika dikombinasikan dengan obat B, dan sebagainya. Asyik deh pokoknya. 

Lanjut! Masuk ke stase ketiga. Stase yang katanya hura-hura, jalan-jalan, dan makan-makan. Tapi menurut aku stase ini adalah stase paling penuh perjuangan, selain karena pas stase ini aku pas lagi mendapati bulan ramadhan. He..he…Coba tebak stase apa hayo???
Stase IKM. Ilmu Kesehatan Masyarakat.
Untuk stase ini aku bener-bener nggak berurusan sama yang namanya urusan klinis di RS, soalnya di stase ini aku lebih ke belajar manajerial sebuah sistem kesehatan. Mungkin di antara stase lainnya, pelajaran yang bisa aku ambil di sini banyak, nanti deh aku certain secara eksklusif di tulisan selanjutnya, ditunggu aja yaa…:D

Nah, sekarang aku lagi menjalani stase keempatku. Stase yang kadang pengen bikin aku mengelus dada, soalnya pasien-pasien di sini beda sama pasien yang aku temui di stase lainnya. Bedanya apa? Nah, bedanya itu dari penyakitnya. Kalau sebelumnya, aku sering nemuin pasien yang sakit fisiknya, di stase ini hampir semua pasien fisiknya pada oke punya dan masih sehat semua, cuma jiwa mereka yang nggak sehat. PSIKIATRI a.k.a JIWA, itulah stase keempat yang aku jalani selama koass ini. Bisa dibayangkan pasiennya kaya apa??? ^__^

Nah, mungkin ini dulu tulisanku saat ini, cukup panjang ya?!
Gapapa deh yaa…itung-itung buat pemanasan nulis lagi..He..he..
cerita selengkapnya untuk tiap-tiap stase tunggu saja yaaa…Sampai jumpa di tulisan selanjutnya…

130911
Masih berjuang mengumpulkan semangat yang terserak
Cemungudh
\(^o^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar